Wednesday, 08 May 2024 07:43

Hadirkan Aktivis HAM, Fasya UIN Gus Dur Gelar Studium General Terkait Hukum dan HAM dalam Pemikiran dan Tindakan Gus Dur

Written by

Pekalongan (08/05) - Fakultas Syariah UIN K.H, Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Studium General dengan tema "Hukum dan HAM dalam Pemikiran dan Tindakan Gus Dur" pada hari Rabu, 8 Mei 2024 di Aula Fakultas Syariah Lantai 4.

Narasumber dalam acara tersebut adalah Beka Ulung Hapsara selaku Aktivis HAM dan Dewan Pengarah Jaringan GUSDURian yang menyampaikan materi terkait Gus Dur: Jejak Langkah Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan, dan Keuangan, Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. H. Mohammad Fateh, M.Ag, Kabag TU, Edy Zubaidi, S.Ag., M.A.P. Ketua dan Sekretaris Pogram Studi di lingkungan Fakultas Syariah serta mahasiswa Fakultas Syariah.

Dekan Fakultas Syariah menyampaikan sambutan terkait persamaan dari tema acara hari ini dengan nama kampus ini yaitu UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
"Penamaan UIN dengan tokoh besar K.H. Abdurrahman Wahid memiliki banyak persamaan. Nama Gus Dur bukan sekedar nama tapi pemikiran dan tindakan beliau dikembangkan di universitas ini."

"Pemikiran Gus Dur sangat penting untuk dikaji dan dipahami karena sangat relevan dalam kehidupan berbangsa bernegara. Pemikiran Gus Dur tentang hukum Islam juga banyak hal yang perlu dikaji. Pemikiran Gus Dur sangat relevan dengan fakultas syariah." Ujar Dr. Akhmad Jalaludin.

"Gus Dur Merupakan Pejuang demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Dalam Penegakan HAM Gus Dur berpegang pada 5 prinsip dasar yang diberikan oleh Islam (Maqasid Syariah): Keselamatan fisik, keselamatan keyakinan, keselamatan keluarga dan keturunan, keselamatan harta benda, dan keselamatan profesi. Adapun 9 Nilai Utama Gus Dur antara lain: ketaulidan, kemanusiaan, keadilan, jesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kekesatriaan, dan kearifan tradisi.” Ucap Beka Ulung Hapsari yang juga merupakan Dewan Pengarah Jaringan GUSDURian.

"Kita mempunyai landasan bernegara yang sangat visioner. Kita sudah punya tokoh sejarah yang sangat bagus yaitu Gus Dur kita bisa meneladankan pemikiran dan tindakan Gus Dur” Tambah Beka Ulung.

 

 

_____________________________________

Penulis dan Editor : Siti Maymanatun Nisa