Wednesday, 06 July 2022 16:30

Jalin Kerja Sama dengan PA Batang, Fasya Tandatangi PKS dalam Webinar PA

Written by

Fakultas Syariah kembali menjalin kerja sama dengan Pengadilan Agama di sekitar wilayah Pekalongan. Pada kesempatan ini, Fakultas Syariah berupaya mengembangkan kerja sama dengan Pengadilan Agama Batang. Acara penandatanganan kerja sama dilakukan secara ceremonial dengan dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Mohammad Fateh, M.Ag., dalam acara Pengadilan Agama Batang Goes to Campus dengan mengangkat tema “Prospek Sarjana Syariah di Dunia Peradilan : Mencetak Duta Peradilan dari Mahasiswa Syariah”, pada Rabu, 6 Juli 2022 pukul 09.00 WIB, di Commond Center Setda Kabupaten Batang.

Acara menghadirkan narasumber Irwan Rosady, S.H., Kabag Perundang-undangan Biro Hukum dan Humas MA RI, Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Shobirin, S.H.I., M.E.S.y., Dr. H. Fikri Habibi, S.H.. M.H., Hakim Yustisi pada Biro Hukum dan Humas MA RI, dan Ahmad Luthfi Maghfurin, S.H.I., M.Ag., Hakim Pengadilan Agama Ngamprah.

 

“Mahasiswa Fakultas Syariah harus memiliki dua kompetensi, di antaranya hard competency (kompetensi teknis) yang berupa kompetensi hukum materiil, kemudian kompetensi hukum formil, serta Soft Competency (Moral dan Skill) yang berupa integritas (moral), mempunyai minta/keahlian spesifik, terutama menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta teknologi informasi, dan menyukai tantangan dalam arti tidak mudah menyerah.” Ujar Dr. H. Fikri Habibi. Beliau juga menyampaikan, bahwa besar harapan agar mahasiswa syariah turut serta mengikuti seleksi Duta Peradilan yang sedang dibuka pendaftarannya dan akan ditutup pada 15 Juli 2022. Acara yang dimoderatori oleh Wakil Ketua PA Batang, H.M. Kusen Raharjo S.H.I, M.A. diikuti oleh ratusan peserta via daring, dan disiarkan secara langsung melalui youtube. Turut serta dalam acara sebagai pembaca doa, Yusril Bariki, S.H., sebagai alumni Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.