Friday, 02 November 2018 15:51

Pelatihan Penulisan Skripsi

Written by

Pekalongan – Jum’at, 26 Oktober 2018 Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan pelatihan “Sosialisasi Penulisan Skripsi” yang bertempat di Kospin Jasa Setono. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pekalongan dan terdiri yang terdiri dua progam studi, yaitu mahasiswa HES dan HKI.

Adapun acara ini dimaksudkan dalam rangka percepatan waktu studi mahasiswa di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, dimana salah satu upayanya adalah mengadakan pelatihan penulisan skripsi. Acara ini juga menjadi sangat penting untuk dilaksanakan, karena setelah dilakukan analisis ternyata kesulitan dalam penulisan skripsi menjadi kendala mayoritas yang dialami oleh mahasiswa. Sehingga diperlukan upaya kongkrit untuk membantu persoalan ini, yaitu dengan mengadakan pelatihan khusus penulisan skripsi.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar sesuai dengan kendalanya masing-masing. Selanjutnya, keseluruhan peserta pelatihan ini mendapatkan pelatihan dan bimbingan sesuai dengan kelompok kendalanya.

Tujuan utama peserta pelatihan kali ini dikelompokkan sesuai dengan kendalanya, adalah agar mencapai beberapa target kongkrit, yaitu: Pertama, mahasiswa yang belum mempunyai judul diharapkan setelah mengikuti acara ini mempunyai judul yang siap diajukan ke wali studinya masing-masing; kedua, mahasiswa yang sudah mengajukan judul namun belum seminar diharapkan segera seminar karena proposal telah dimatangkan dalam pelatihan ini; dan ketiga, mahasiswa yang sudah seminar dan sedang dalam proses bimbingan, diharapkan segera menyelesaikan kajian skripsinya dan melakukan bimbingan kepada pembimbingnya masing-masing.

Selain pelatihan, motivasi juga diberikan kepada peserta pelatihan, yang diantaranya disampaikan oleh Dr. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, dengan kata-kata motivasinya “Kesuksesan itu diperoleh dengan kesungguhan bukan dengan keturunan”. Intinya, harapan besar dari pelatihan penulisan skripsi ini adalah dalam rangka mempercepat waktu studi mahasiswa di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, oleh karena itu semoga ke depan pelatihan seperti ini dapat selalu diadakan, demi mahasiswa khususnya, dan kemajuan IAIN Pekalongan, ungkap Dr. Jalaludin, M.A. selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.swa yang sudah seminar dan sedang dalam proses bimbingan, diharapkan segera menyelesaikan kajian skripsinya dan melakukan bimbingan kepada pembimbingnya masing-masing.

Selain pelatihan, motivasi juga diberikan kepada peserta pelatihan, yang diantaranya disampaikan oleh Dr. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, dengan kata-kata motivasinya “Kesuksesan itu diperoleh dengan kesungguhan bukan dengan keturunan”. Intinya, harapan besar dari pelatihan penulisan skripsi ini adalah dalam rangka mempercepat waktu studi mahasiswa di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, oleh karena itu semoga ke depan pelatihan seperti ini dapat selalu diadakan, demi mahasiswa khususnya, dan kemajuan IAIN Pekalongan, ungkap Dr. Jalaludin, M.A. selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.