Friday, 09 June 2023 09:53

Bekerjasama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional, Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Syariah selenggarakan Pelatihan Paralegal

Written by

Pekalongan (6-8/06) – Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Syariah menyelenggarakan Pelatihan Paralegal bekerja sama Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM dengan mengusung tema “Peran Paralegal dalam memberikan Layanan Hukum Menuju Pencapaian Akses Terhadap Keadilan.” Pelatihan Paralegal diselenggarakan secara on class dan off class. Pelaksanaan Pelatihan Paralegal on class dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dan offline pada Selasa-Kamis, 6-8 Juni 2023. Peserta merupakan mahasiswa Fakultas Syariah semester 6 berjumlah 20 mahasiswa.

Pelatihan Paralegal on class hari pertama Selasa 6 Juni 2023, Wakil Dekan I sekaligus Ketua Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Syariah Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H. memberi sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Paralegal. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para narasumber  yang telah meluangkan waktu untuk acara ini. Trianah Sofiani menambahkan harapan dari terselenggaranya Pelatihan Paralegal “Semoga Pelatihan Paralegal dapat menjadi wadah bagi peserta dalam upaya untuk memberikan ketrampilan (skill) kepada para mahasiswa  sebagai calon Sarjana Hukum terkait layanan dan bantuan bagi masyarakan miskin dan marginal dan semoga Ilmu yang disampaikan bermanfaat bagi para mahaswa fakultas syariah khususnya yang menjadi peserta dalam kegiatan ini untuk mewujdukan layanan dan bantuan hukum menuju akses keadilan bagi masyarakat.” Ungkap Trianah Sofiani, Selasa (06/06)

Kemudian dilakukan Pre Test untuk peserta Pelatihan Paralegal. Dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi I tentang Pengantar Hukum dan Demokrasi yang disampaikan oleh R.S. Habibi, S.H., M.H. dari Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI.

Dilanjut materi 2 tentang Keparalegalan yang disampaikan oleh Febranto Pratana Siahaan, S.H., M.H. dari Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI.

Materi 3 tentang Hak Asasi Manusia yang disampaikan oleh Ayon Diniyanto, S.H., M.H.

Hari kedua, Rabu, 7 Juni 2023 penyampaian Materi 4 tentang Struktur Masyarakat yang disampaikan oleh Rita Rahmawati, M.Pd.

Dilanjutkan materi 5 tentang Gender, Minoritas, dan Kelompok Rentan yang disampaikan oleh Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H.

Kemudian Materi 6 tentang Bantuan Hukum dan Advokasi yang disampaikan oleh Fakhrodin, M.H.

Selanjutnya Materi 7 tentang Prosedur Hukum dan Sistem Peradilan di Indonesia disampaikan oleh Miqdam Yusria Ahmad, S.H., M.H.

 

Hari ketiga, Kamis 8 Juni 2023 penyampaian materi 8 tentang Teknik Komunikasi Paralegal yang disampaikan oleh Kanwil Hukum dan HAM Jawa Tengah. Selanjutnya Materi 9 tentang Teknik Penyusunan Dokumen Laporan, Pengaduan, dan Kronologis yang disampaikan oleh Kanwil Hukum dan HAM Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan Post Test (Evaluasi Substansi) untuk peserta Pelatihan Paralegal dan penutup.

Selanjutnya, Pelatihan Paralegal off class akandilaksanakan selama 3 bulan pada 29 Juni sampai 29 September 2023 dimana rangkaian acara tersebut telah disesuaikan dengan kurikulum pendidiikan paralegal dari BPHN RI.  Kegiatan Pelatihan Paralegal off class selama 3 bulan juga telah disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar mahasiswa sehingga mahasiswa yang kita ikutkan dalam kegiatan ini dibebaskan dari kewajiban mengikuti kegiatan PPL peradilan.