Thursday, 16 November 2023 10:25

Fakultas Syariah Bekerjasama dengan Jimly School of Law and Government Gelar Kajian Konstitusi episode ke-57

Written by

Pekalongan (10/11) – Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan bekerja sama dengan Jimly School of Law and Government menggelar Kajian Konstitusi episode ke-57 secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (10/11/2023).

Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A. menyampaikan Kajian Konstitusi dengan membedakan Buku Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, M.H., yang membahas Konstitusi Kebudayaan dan Kebudayaan Konstitusi, dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, M.H dan Dr. Wendra Yunaidi, S.H., M.H, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Konstitusi dalam ilmu hukum selama ini dipahami hanya sebagai struktur-struktur politik dan pelembagaan-pelembagaan nilai dan norma hukum bernegara. Padahal, struktur dan kelembagaan-kelembagaan bernegara itu berisi elemen-elemen kebudayaan. Konstitusi, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, merupakan produk kebudayaan. Oleh karena itu, konstitusi memang sudah seharusnya dipahami juga fungsinya dalam konteks kebudayaan.

 

Last modified on Thursday, 16 November 2023 11:45