Monday, 13 November 2023 09:31

Gagas Pendirian JDIH UIN Gusdur, Fasya selenggarakan Benchmarking ke JDIH UIN SGD Bandung

Written by

Bandung (07/11) – Pentingnya meninventarisir dokumen hukum, selain itu Jaringan Dokumentasi Ilmu Hukum (JDIH) juga berfungsi sebagai salah satu upaya penyediaan sarana pembangunan bidang hukum, meningkatkan penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum, memudahkan pencarian dan penelusuran peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya.

Merasakan pentingnya JDIH bagi UIN Gusdur, Fakultas Syariah menginisiasi pembentukan JDIH di kampus tercinta dengan menyelenggarakan benchmarking di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada Selasa 7 November 2023. Diterima di Ruang rapat Lantai 2 Gedung Fakultas Syariah dan Hukum Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung menyambut hangat kedatangan rombongan.

“JDIH UIN Bandung baru satu tahun, namun sudah berhasil meraih 4 penghargaan, yaitu dari Pemprov, Kemenkumham,” Ujar  Prof Dr Fauzan Ali Rasyid MSi.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa tahun tahun ini sedang digalakkan mendirikan berbagai lembaga. Contohnya pendirian lembaga yang menangani mahasiswa Unggul. Selain itu ada lembaga ziswaf para alumni. Hal ini menunjukkan peran alumni. Kedepan FSH akan mengembangkan LBH dan Pengelolaan Jurnal agar dapat tembus di Scopus.

Sementara itu, dalam sambutannya WD 1 Fasya UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, menyampaikan salam hormat dari UIN Gusdur Pekalongan, dan memohon maaf atas nama pak Dekan dan ke UIN Gusdur dengan membawa 10 rombongan, di antaranya Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H., Wakil Dekan Bidang Akademik dan kelembagaan, Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, serta Para Kaprodi HKI Mubarok, Lc., M.S.I, Kaprodi HTN Uswatun Khasanah, M.S.I., Ketua Graha Jurnal Yunas Derta Luluardi, M.A., dan Dosen Prodi HTN yaitu Syarifa Khasna, M.Si., Ayon Diniyanto, S.H., dan Iqbal Kamalludin, S.H., M.H.,

Adapun, ketua JDIH UIN FSH Bandung, Dewi Mayaningsih, S.H., M.H. memaparkan, “Ada sekitar 58 JDIH di Provinsi Jawa Barat, dari 600 PT di Jawa Barat baru ada ITB dan UIN SGD di bawah BPHN dan Kemenkumham. JDIH di UIN SGD Bandung saat ini menempati peringkat ke 4 dari JDIH PT se Nasional. PRnya adalah mengintegrasikan website internal dengan website JDIH nasional.”

Kegiatan ini bersumbangsih besar terhadap pengetahuan dalam pembentukan hingga pengelolaan JDIH yang baik bagi embrio JDIH UIN Gusdur kedepannya.

 

_____________________________

Penulis : Iqbal Kamalludin

Editor : Siti Maymanatun Nisa