Friday, 19 May 2023 14:41

HMPS HTN Selenggarakan Seminar Konstitusi Undang Anggota Legislatif Jawa Tengah

Written by

Fakultas Syariah, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Rowolaku, Kajen, Kabupaten Pekalongan - Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Tatanegara (HMPS HTN) UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar kegiatan Seminar Hukum 2023 yang bertemakan "Peranan Konstitusi Dalam Mengawal Hak-Hak Warga Negara ". Konstitusi merupakan supremasi hukum di setiap negara, gerak negara akan selalu berpatok pada konstitusi, lantas bagaimana ketika konstitusi seakan tidak bisa menaungi rakyat? Pertanyaan besar yang berusaha HMPS Hukum Tatanegara UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan jawab dengan mengadakan pagelaran hukum berupa seminar dengan mengundang aktor aktor negara. Secara eksklusif, materi dibawakan oleh Bapak H. Sukirman S.S. ( Wakil ketua DPRD Jawa tengah) dan Bapak H. Abdul Hamid S.PD.I. (Ketua komisi E DPRD Jawa Tengah ). Materi yang dibawakan selaras dengan tema seminar yakni mengenai konstitusi dan hak-hak warga negara. Kegiatan dibuka oleh Bapak Dr. K.H Mohammad Fateh M.Ag. selaku Wakil Dekan 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syariah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pak Fateh -- begitu akrab disapanya, juga menitipkan pesan kepada peserta untuk serius mengikuti seminar agar ilmu yang diharapkan panitia dan pihak Dekanat Syariah bisa tersampaikan kepada peserta untuk menjadi bekal menjadi Mahasiswa Hukum Tatanegara.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak H. Sukirman S.S. yang secara umum berisi penjelasan hakikat dari konstitusi. "Konstitusi adalah hukum tertinggi dalam suatu negara, dan jangan dilupakan konstitusi dan undang-undang adalah sebagian dari produk politik", Begitu ungkap Pak Sukirman saat pemaparan materi, Rabu (17/05/2023). Setelah itu, materi kedua dilanjutkan oleh Bapak H. Abdul Hamid S.Pdi. yang menjelaskan mengenai lembaga yang secara ekslusif berperan dalam berjalannya stelses konstitusi.

Peserta cukup antusias mengikuti seminar terbukti pada partisipasi mereka dalam sesi tanya jawab atau diskusi. Peserta terdiri dari mahasiswa Hukum Tatanegara angkatan 2020,2021, dan 2022 beserta delegasi organisasi mahasiswa di lingkup Fakultas Syariah.

Dengan diadakannya seminar hukum bertema konstitusi, diharapkan dapat benar-benar membuka kacamata mahasiswa Hukum Tatanegara UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan agar satu langkah lebih paham seputar konstitusi. Mahasiswa sebagai Agent of Change harus paham betul undang-undang dan regulasi lain yang ada di Indonesia agar dapat melangkah dengan baik.