Thursday, 11 May 2023 15:29

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Written by

Pekalongan (10-11/05) – Program Studi Hukum Ekonomi Syariah melaksanakan asesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesmen lapangan akreditasi dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi zoom meeting pada Rabu-Kamis, 10-11 Mei 2023 oleh dua orang Asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, S,Ag., M.Si. dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan Dr. Erie  Hariyanto, M.H. dari Institut Agama Islam Negeri Madura.


 

Asesmen lapangan daring yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka oleh Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag serta dihadiri para Wakil Rektor, beserta Kepala Biro. Hadir pula Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A, Wakil Dekan I Dr. Trianah Sofiani,S.H.,M.H, Wakil Dekan II Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag, Wakil Dekan III Dr. H. Mohammad Fateh, M.Ag, Dosen Prodi Hukum Ekonomi Syariah,  Tenaga Pengelola dilingkungan Fakultas Syariah, Ketua LP2M Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag, Ketua LPM Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag, Unit Penjaminan Mutu, serta segenap jajaran civitas akademika lainnya. Tidak hanya itu proses Asesmen lapangan juga melibatkan peran dari mahasiswa, alumni dan stakeholder.

Dalam pelaksanaannya tim dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan seluruh jajaran pengelola Fakultas Syariah telah menyiapkan semua dokumen terkait pelaksanakan Asesmen lapangan secara daring ini. Tidak hanya laporan dalam bentuk hardcopy, tim prodi juga menyiapkan dokumen dalam bentuk softfile sehingga memudahkan tim akreditasi dalam menjawab dan menunjukkan dokumen atau bukti-bukti kegiatan kepada asesor.

 

Pada hari pertama, kedua asesor memberikan pertanyaan sekaligus mengkonfirmasi kepada pihak pengelola fakultas dan program studi terkait kesesuaian data yang ada di LED (Laporan Evaluasi Diri) dan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) yang sebelumnya telah disubmit. Selanjutnya penunjukan sarana prasarana yang ada di Fakultas Syariah dan dilanjutkan wawancara dengan dosen Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Hari Kedua, Kedua asesor melakukan wawancara kepada mahasiswa, alumni dan stakeholder. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selama proses tersebut, pihak asesor memberikan saran dan masukan.

 

 

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A kepada Ketua dan Sekretaris Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Tim Akreditasi, dan Tim yang sudah mendampingi dari awal proses penyelesaian dokumen akreditasi sampai tahap submit. Semoga hasil akhirnya nanti bisa mendapatkan nilai yang terbaik. 

        

 

Last modified on Thursday, 11 May 2023 16:25