Monday, 30 May 2022 09:19

Membangun Karakter Mahasiswa Fakultas Syariah yang Berprestasi dan Moderat melalui Training Motivasi Akademik

Written by

Proses menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, motivasi menjadi satu hal yang pokok yang perlu digenggam erat untuk setiap mahasiswa. Karena motivasi merupakan suatu dorongan untukmelakukan sesuatu ketercapaian sesuai tujuan yang telah di cita-citakan. Secara sederhana,motivasi diartikan sebagai keingan untuk mencurahkan segala tenaga untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses ini dirangsang oleh kemampuan untuk memenuhi kebutuhan individu. Artinya, dengan didasari atas pemenuhan kebutuhannya maka seseorang akan berpacu untuk melakukan usaha sehingga pada akhirnya dapat memenuhi apa yang dibutuhkannya dan terwujud dalam bentuk perilaku tertentu.

Perbedaan sangat terllihat untuk mahasiswa yang mempunyai motivasi dan tidak, mahasiswa yang mempunyai motivasi maka ia selalu bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan di perkuliahan. Berbeda dengan mahasiswa yang tidak mempunyai motivasi mereka cenderung sering bermalas-malasan dan menunda-nunda pekerjaan. Maka peran motivasi ini lah penting untuk selalu ditimbulkan dalam diri setiapmahasiswa. Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh hard skills saja yaitu kemampuan menyerap ilmu, dan keahlian melakukan jenis kegiatan tertentu, akan tetapi ada faktor lain yang ikut berperan yaitu soft skills.

Senin, 30 Mei 2022 Fakultas Syariah IAIN Pekalongan yang memiliki tiga prodi yaitu Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tatanegara, mengadakan  acara Training Motivasi Akademik dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Berprestasi dan Moderat”. Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Dr. Akhmad Jalaludin, didampingi Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. Acara digelar di Aula Fakultas Syariah lantai 4 yang dilangsungkan dua tahap, dengan pembicara Makhmud Kuncahyo, M.Pd dan Triaji Budianto, S.Pd yang merupakan Trainer dan Motivator dari Synergy Performa Training and Consulting.