Thursday, 06 October 2022 11:16

Penelitian Dosen Hukum Tatanegara, jadi Best Paper Penelitian 2021

Written by

Dosen homebase Hukum Tatanegara, Ayon Diniyanto, M.H, melakukan diseminasi hasil penelitian pada Kamis, 29 September 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Dafam Pekalongan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Paper Ayon Diniyanto, M.H. menjadi “Best Paper” dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2021.

Mengangkat judul Legal Protection Policy For Minority Groups (Evidence From Aboge Group In Purbalingga Indonesia, yang mengkaji seputar masyarakat aboge di kabupaten purbalingga yang eksistensinya semakin menurun. Penurunan itu terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah tingkat pendidikan, dan pergaulan. Faktor tersebut terjadi karena adanya arus modernisasi dan globalisasi yang tidak dapat dihindari.

“Penurunan tersebut mengancam eksistensi aboge, oleh karena itu perlu adanya perlindungan hukum. Salah satu bentuk perlindungan hukumnya adalah perlindungan hukum dari luar, yaitu membentuk kebijakan, yang dapat berupa peraturan daerah (Perda) yang isinya umum untuk melindungi masyarakat adat dan kelompok minoritas”, ujar Ayon Diniyanto, M.H.

Luaran dari penelitian yang dilaksanakan oleh Ayon Diniyanto, M.H. adalah dalam bentuk paper yang telah dipublikasikan di JILS (Journal of Indonesian Legal Studies) Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang, dan telah terindeks Scopus. Atas kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi dosen Fakultas Syariah untuk meningkatkan kualitas penelitian dan luarannya.