Thursday, 11 August 2022 08:59

Sinkronisasi Penyusunan RPS Semester Gasal 2022/2023

Written by

Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan sinkronisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Selasa dan Rabu, 9-10 Agustus 2022. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan melakukan standarisasi dan sinkronisasi penulisan RPS seluruh mata kuliah yang ada di tiga jurusan, yaitu jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tatanegara. Dihadiri lebih dari 50 dosen di Fakultas Syariah. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H. “Tujuan dari kegiatan sinkronisasi ini adalah untuk menyeragamkan RPS agar dijadikan acuan oleh setiap dosend alam perkuliahan pada tiap semester”, ujar Wakil Dekan I Fakultas Syariah.

Beberapa permasalahan yang terjadi di Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan juga menjadi topik pembahasan pada kegiatan kali ini. Walaupun saat ini Fakultas Syariah telah memiliki format RPS standar yang telah ditetapkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu, namun pada implementasinya di semester sebelumnya di lapangan ternyata penggunaan format tersebut masih belum konsisten, sehingga perlu dilakukan diskusi lebih lanjut tentang standarisasi penulisan RPS. Materi mata kuliah yang tercantum dalam RPS harus sesuai dengan silabus. Implementasi yang ada di lapangan, terdapat mata kuliah yang isi materinya berbeda dengan silabus kurikulum Hal ini membutuhkan diskusi lebih lanjut untuk mencari solusinya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dengan hari pertama fokus pada rumpun ilmu hukum dan umum, dan hari kedua pada rumpun ilmu Syariah.