Monday, 07 November 2022 23:10

Sosialisasi dan Pendampingan Pengukuran Arah Kiblat: Upaya Membangun Kesadaran Masyarakat

Written by


Pekalongan – Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat berupa sosialisasi dan pendampingan pengukuran arah kiblat dalam upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya akurasi arah kibat di desa Gejlig dan Kajen

Sosialisasi diadakan dengan setiap takmir atau pengurus yang mewakili pada 20 s/d 20 Juli 2022. Kemudian, dilanjutkan pendampingan arah kiblat pada 1 masjid dan 2 musala di desa Gejlig, 2 musala di desa Kajen. Pendampingan berlangsung pada 26, 28, 29 Juli, 8 dan 19 Agustus 2022. Tim pendampingan terdiri dari 2 dosen dan 2 mahasiswa, disaksikan oleh pengurus masjid/musala.

Acara terakhir berupa sosialisasi hasil pendampingan pengukuran arah kiblat yang berlangsung pada 25 Oktober 2022, dihadiri kepala desa Gejlig Karyo Winoto dan Wakil Dekan II Dr. H. Hasan Bisyri, M.Ag. serta mengundang 20 takmir masjid dan musala. Tujuan diselenggaraknnya acara ini untuk mengetahui permasalan terkait ilmu falak dari takmir/pengurus masjid dan musala untuk usulan program pengabdian kepada masyarakat selanjutnya serta memperat hubungan dengan masyarakat. Selain itu, pada acara ini terdapat penyerahan sertifikat arah kiblat bagi masjid dan musala yang telah divalidasi arah kiblatnya. 

Sementara itu, setelah acara terdapat beberapa masjid dan musala yang telah mendaftar untuk dilakukan validasi arah kiblat. Karyo Winoto selaku Kepada Desa Gejlig mendukung untuk melanjutkan program pendampingan pengukuran arah kiblat kedepannya karena masih banyak masjid dan musala di desa Gejlig perlu untuk dilakukan validasi arah kiblat.