Wednesday, 29 November 2023 09:38

Sosialisasikan Program, Fasya Siap Implementasikan MBKM Mulai Mahasiswa Angkatan 2022/2023

Written by

Pekalongan (28/11) - Untuk menyambut program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Sosialisasi MBKM pada hari Selasa, 28 November 2023 di Ruang Aula Lantai 4 Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sosialisasi tersebut ditujukan pada mahasiswa aktif semester 3 Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan yang menjadi mahasiswa MBKM untuk mengenal program secara menyeluruh. Terdapat enam arena MBKM yang dibahas dalam sesi tersebut, yaitu Pertukaran Mahasiswa antar Prodi dalam Satu Universitas, Pertukaran Mahasiswa antar Perguruan Tinggi, Magang/Praktik Industri/Non Peradilan, Magang/Praktik Peradilan, Penelitian, dan KKN Tematik.

Acara ini dibuka oleh Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H., menyampaikan bahwa saat ini, Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan telah membentuk tim MBKM dan tengah mempersiapkan keseluruhan program. Tujuannya adalah memberi kebebasan mahasiswa untuk mengambil sebagian dari Satuan Kredit Semester (SKS) dengan berbagai mekanisme di luar pembelajaran konvensional. “MBKM ini sebagai metode belajar. Karena itu, substansi yang dipelajari sepenuhnya dikaitkan dengan masing-masing departemen. Untuk itu, prodi akan fokus pada beberapa arena MBKM saja, sesuai kurikulum,” terang Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan. 

Sosialisasi MBKM selanjutnya disampaikan oleh masing-masing Ketua Prodi, yaitu Dr. Mubarok, Lc., M.S.I, kaprodi HKI, Tarmidzi, M.S.I, kaprodi HES, dan Uswatun Khasanah, M.S.I., kaprodi HTN. Dalam pemaparannya, masing-masing kaprodi menjelaskan macam-macam pertukaran pelajar yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa baik di dalam kampus maupun antar kampus. Dijelaskan pula prosedur dan hal-hal teknis yang harus dipersiapkan.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mahasiswa memahami apa program MBKM dan diimplementasikan agar dapat mengembangkan skill mahasiswa dan mencapai profil lulusan yang berkualitas