Monday, 19 June 2023 09:13

Tim Debat Konstitusi Fakultas Syariah Berhasil Masuk Final Dalam Ajang OASE PTKI II 2023

Written by

Jakarta (15/06) – Pada perlombaan OASE  PTKI 2023 terdapat sebanyak 25 cabang, antara lain adalah; lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Literasi Inovasi Teknologi, Nano Teknologi dan Kesehatan, produk Halal dan Ketahanan Pangan, dan lomba Iklim. Kemudian, Lomba Sosial Keagamaan, lomba Media Pembelajaran, Lomba Desain Arsitektur Islam, Lomba Astronomi/Ilmu Falak, dan lomba Robotik. Dari total 25 cabang perlombaan tersebut diikuti sebanyak 2.381 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia, dan sebanyak 82 juri professional yang sudah ditunjuk untuk melakukan penilaian kompetisi sejak babak penyisihan hingga babak final.

Tim Debat Konstitusi Fasya berhasil lolos 12 besar dari 48 tim debat dari seluruh Perguruan Tinggi PTKI se Indonesia. Tim yang masuk 12 besar diundang hadir di Jakarta untuk mengikuti babak final secara luring, Tim Debat Konstitusi Fasya terdiri dari Sofi Ekiana Putri dari Prodi Hukum Tatanegara, Anggita Aprilia dari Prodi Hukum Keluarga Islam, dan Windi Tia Utami dari Prodi Hukum Tatanegara.

Pada babak penyisihan 12 besar yakni pengujian peraturan perundang-undangan di Mahkamah Konstitusi dan mosi final, system pemilu proposional tertutup. Tim Debat Fasya bernama tim Supeno di chamber A melawan tim BJ Habibie dengan mosi pengujian peraturan perundang-undangan di Mahkamah Konstitusi dengan system gugur. Hasil babak penyisihan Tim BJ Habibie lebih unggul dari Tim Supeno.

Adapun juri dalam cabang lomba Debat Konstitusi yakni Nur Rohim Yunus, LLM, Dr. Syaiful Madjid, S.H., M.H., dan Dr. Lukman Santoso, S.Ag., M.H.

“Sangat bangga bisa menjadi salah satu finalis di kegiatan OASE 2023 ini meskipun belum bisa mencapai sesuai target yang direncanakan. Namun meskipun demikian hal-hal positif pun banyak didapatkan di event tersebut, dimana salah satunya secara tidak langsung kita juga jadi bisa mengetahui kapasitas dari kampus-kampus lain sebagai bahan evaluasi untuk tim dan tolak ukur untuk persiapan lomba berikutnya agar bisa jauh lebih maksimal lagi”, ungkap Anggita, salah satu tim Debat Fasya UIN Gusdur.

Pada kategori ini, tim IAIN Parepare menyabet juara I beserta best speaker, juara II adalah UIN Sunan Kalijaga, dan Juara III adalah IAIN Ambon.

Last modified on Monday, 19 June 2023 09:52