Thursday, 10 August 2023 23:48

Fakultas Syariah Selenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Written by

Pekalongan (10/08) – Dalam rangka persiapan perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024, Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melaksanakan rapat koordinasi bidang akademik. Rapat yang digelar di ruang rapat Fakultas Syariah lantai 4 dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Maghfur, M.Ag, Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A,  Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan : Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag, Tim Fakultas Syariah serta Dosen Fakultas Syariah. Kamis (10/08/2023)

 

Rapat dimulai dengan sambutan dan arahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Maghfur, M.Ag. Beliau menggarisbawahi beberapa poin penting dalam pengembangan akademik Fakultas Syariah. “ Fakultas Syaruah perlu mendorong SDM untuk mencapai karir yang lebih tinggi” Ujar Prof. Dr. H. Maghfur, M.Ag. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi riset dengan universitas di luar negeri serta fokus pada kontribusi keilmuan. “Perlu adanya inovasi dalam sistem pembelajaran, meningkatkan kualitas Dosen, dan fokus pada persiapan akademik yang memberikan inovasi sistem yang mengharmonisasikan antara sains, ilmu teknologi dengan ilmu-ilmu keagamaan.” Tambahnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A., Dekan Fakultas Syariah, menguraikan beberapa poin strategis dalam upaya meningkatkan kualitas akademik di lingkungan Fakultas Syariah. Dekan Fakultas Syariah menekankan urgensi peningkatan mutu Dosen yang selaras dengan bidang keilmuan dan upaya peningkatan jumlah Dosen di Fakultas Syariah guna mendukung pendidikan dan penelitian yang berkualitas.

Dekan menjelaskan tantangan terkait mahasiswa yang lulus dari Fakultas Syariah. “Diperlukan upaya dalam mempercepat studi bagi mahasiswa Fakultas Syariah untuk meminimalkan waktu studi yang panjang.” ujar Dekan Fakultas Syariah.

Dekan Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A. menegaskan komitmen Fakultas dalam menghadapi tantangan dan terus berupaya meningkatkan kualitas akademik di Fakultas Syariah.

 

Selanjutnya, para Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tatanegara menyampaikan evaluasi perkuliahan berdasarkan survey terhadap mahasiswa.

Kemudian pemaparan evaluasi pelaksanaan perkuliahan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H. beliau menekankan pada peningkatan kualitas Dosen  sesuai bidang keilmuan dan rencana inovasi syarat kelulusan bagi mahasiswa.

Kemudian dilanjutkan pemaparan evaluasi sarana prasarana oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan : Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

Rapat koordinasi akademik Fakultas Syariah Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadapi berbagai tantangan dalam bidang akademik. Pimpinan dan Dosen Fakultas Syariah akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan mengarahkan fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan. 

Last modified on Friday, 11 August 2023 00:20