Monday, 21 August 2023 17:22

Fakultas Syariah Selenggarakan Yudisium dan Training Akademik Periode Agustus 2023

Written by

Pekalongan (21/08) – Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melaksanakan Training Motivasi Akademik dan Yudisium terhadap 117  lulusan, yang terdiri dari 54 lulusan Program Studi Hukum Keluarga Islam, 48 lulusan dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, dan 15 Lulusan dari Program Studi Hukum Tatanegara, dalam rangka wisuda periode Agustus 2023, yang dilaksanakan di Hall Hotel Grand Dian Kota Pekalongan, Senin (21/08).

Talib, salah satu perwakilan wisudawan yang memberikan sambutan menyampaikan "Pada kesempatan yang berharga ini ingin menyampaikan kesan dahulu kita sebagai mahasiswa, UIN K.H. Wahid Pekalongan menjadi tempat untuk menimba ilmu dan  menggapai cita-cita. Ucapan terimakasih kepada para pimpinan, dosen, tenaga pendidik di fakultas syariah yang telah mendidik sehingga  kami dapat mengembangkan potensi di Fakultas Syariah."

Dra. Hj. Rita Rahmawati, M.Pd sebagai perwakilan dosen dalam sambutannya menyampaikan "Kelulusan adalah momentum keberhasilan bagi mahasiswa.”

“Satu sisi ini periode yg membanggakan, sisi lain ini merupakan tonggak awal memasuki kehidupan baru yaitu ilmu yang diperoleh diharapkan dapat bermanfaat. Kelulusan di era kini penuh dengan  tantangan seperti tantangan teknologi dan lulusan sarjana semakin banyak. Tungginya persaingan itu oleh karena itu sebagai lulusan sarjana perlu berkualitas.” Ujar Dra. Hj. Rita Rahmawati.

Beliau juga  berpesan “ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan antara lain: pertama, amalkan ilmu yg telah diperoleh. Kedua, jangan merasa puas dengan apa yang diperoleh di bangku kuliah. Kehidupan nyata adalah problem real yang harus untuk diselesaikan, oleh karena itu perlu belajar lagi dan terus belajar. Ketiga, persaingan di era kini semakin ketat, oleh karena itu pesan saya jangan berbuat perbuatan yang tidak semestinya, kita perlu menjunjung tinggi kejujuran. Keempat, jaga nama baik diri, keluarga dan almamater dengan menjaga etika dalm segala hal. Keempat hal ini sangat penting dan berharap menjadi bekal dalam kehidupan di masyarakat.”

Dekan Fakultas Syariah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa Fasya yg telah menyelesaikan study.”Yakinlah dapat mencapai kehidupan yang lebih baik dan dapat bermanfaat bagi orang lain.” Ucap Dekan Fasya. Beliau juga berpesan kepada calon wisudawan “Tolong jaga sholat, jangan pernah meremehkan sholat.”

Hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya Warek 3 menyampaikan “para calon wisudawan sedang bertransformasi di dunia nyata, wisuda adalah berani untuk menerima kenyaatan, hidup di dunia nyata,” tutur Warek 3. Beliau juga berpesan “sukses itu ada proses berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian. Mari kita tata kehidupan dengan penuh kecemerlangan kehidupan untuk dihadapi bukan untuk dihindari, kita harus menambah optimisme.”

 

Hadir narasumber Training Motivasi Akademik Jahirin, M.H. yang memberikan motivasi kepada calon wisudawan

 “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika ia tidak ingin atau mau merubah nasibnya sendiri. Perubahan apapun berada di tangan sendiri.” Sarjana hukum adalah luar biasa, tantangan ke depan khususnya mahasiswa sarjana hukum semakin berkembang." ucap Jahirin. Beliau juga berpesan bahwa “orientasi sebagai wisudawan kedepan harus ditata dengan bekal ilmu dan pengalaman yang telah diberikan oleh para dosen, ini menjadi modal utama untuk melakukan sesuatu hal. Jangan takut untuk mencoba dan melakukan untuk mengukur kemampuan kita,”


Pada acara tersebut juga dilakukan pembacaan SK Yudisium Calon Wisudawan Fakultas Syariah dan penyerahan penghargaan bagi 3 lulusan terbaik, yaitu Istianah (1119044), Siti Zuhrotul Izza (1219006) dari Prodi HES, dan Izzatul Mukarromah (1519027) Acara ditutup dengan penyerahan tanda kelulusan, dan foto bersama.