Friday, 24 March 2023 17:42

Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Selenggarakan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1444 H

Written by

Pekalongan – Rabu, 22 Maret 2023 Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan  melaksanakan rukyatul hilal awal Ramadhan 1444 H. Kegiatan ini berlangsung di Lantai 4 Gedung G UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Agenda rukyatul hilal ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Dr. H. Mubarok Lc., M.S.I., Sekretaris Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Achmad Umardani, M.Sy., Tim Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, segenap Panitia dan Mahasiswa sebanyak 100 orang. Kegiatan ini didahului dengan praktikum pengoperasian alat rukyatul hilal bagi Mahasiswa, kemudian pemaparan data posisi dan pegamatan hilal awal Ramadhan 1444 H.

Berdasarkan data perhitungan, hilal awal bulan Ramadhan 1444 H di POB UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan memiliki ketinggian hilal sebesar 7° 30’ 13,95” di atas ufuk dan elongasi sebesar 10° 01’ 24,86”, sehingga sudah memenuhi kriteria Imkanur Rukyah MABIMS yaitu ketinggian hilal minimal 3° dan elongasi sebesar 6,4°. Berjalannya acara didukung dengan cuaca yang cerah dari awal kegiatan, tetapi ketika menjelang pengamatan hilal/saat matahari mulai terbenam terdapat awan yang menutupi ufuk hingga hilal sudah terbenam, sehingga hilal tidak dapat teramati.