Sunday, 18 September 2022 08:24

Mahasiswa HES Juara 2 Lomba KTI Nasional 2022 di IAIN Kediri

Written by

Nur Afifah, mahasiswa Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan meraih juara 2 lomba Karya Tulis Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah IAIN Kediri. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dimulai sejak 1 s/d 16 Agustus 2022 yang dilaksanakan secara blended, daring dan luring.

Babak kualifikasi lomba dimulai sejak 1 – 12 Agustus 2022. Kemudian untuk babak final (presentasi) dilaksanakan secara luring pada 16 Agustus 2022. Selanjutnya, pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional disampaikan dalam satu rangkaian acara yang dilaksanakan di IAIN Kediri pada 16 Agustus 2022.

Adapun tema yang diangkat dalam lomba ini, yakni “Penegakan Hukum di Indonesia”. Dalam kompetisi ini, Nur Afifah yang merupakan mahasiswa semester 7 jurusan Hukum Ekonomi Syariah, mengngkat judul karya tulis “Politik Hukum pada Proses Justice Collaborator Sebagai Upaya Penegakan Keadilan Berimbang”

Nur Afifah menyebut gagasan dalam karya tulis ilmiah ini muncul karena melihat kondisi penegakan hukum yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, yaitu tentang perlindungan hukum pada seorang justice collaborator yang sedang berjuang mencari keadilan. “Beberapa kasus juctice collaborator di Indonesia maupun di negara lain, justru kemudian tanpa perlindungan dan membuat kejahatan hanya menguap tanpa diketahui siapa pelaku utamanya”, papar Afifah.

Kemudian Nur Afifah juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh sivitas akademika Fakultas Syariah UIN Gusdur Pekalongan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fasya, Bapak Dr. Akhmad Jalaludin, M.A., dan Para Wakil Dekan, Ibu Dr Trianah Sofiani M.H, Pak Dr M Hasan Bisyri M.Ag, Pak Dr Moh Fateh, M.Ag, Pak Tarmidzi, M.E.I. sebagai Kajur HES, dan Dosen Pembimbing LKTI, Bapak Iqbal Kamalludin, M.H. yang telah memberikan segenap dukungan moril materiil dan doanya,” ungkap Afifah.

Sebagai pembimbing lomba LKTI, Iqbal Kamalludin, M.H. merasa senang dan haru karena bisa mengantarkan mahasiswa Fasya UIN Gusdur Pekalongan berprestasi di kancah nasional. Secara terpisah, Dekan Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa, "Kami sampaikan selamat dan apresiasi kepada Nur Afifah karena telah mengharumkan nama Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, semoga dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk semakin meningkatkan skillnya dan dapat berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, tingkat Lokal, Nasional, hingga Internasional".

Last modified on Wednesday, 10 May 2023 09:07