Wednesday, 06 September 2023 10:04

Prodi Hukum Ekonomi Syariah Selenggarakan Seminar Urgensi Pemahaman Lulusan HES Dalam Perjanjian Bisnis Syariah di Era Industri 5.0

Written by

Pekalongan (05/09) – Prodi Hukum Ekonomi Syariah menyelenggarakan Seminar Urgensi  Pemahaman Lulusan HES Dalam Perjanjian Bisnis Syariah di Era Industri 5.0 pada hari Selasa, 5 September 2023 di Aula Fakultas Syariah Lantai 4 dengan menghadirkan narasumber Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag., CM. selaku  Ketua Perkumpulan Program Studi dan Dosen Hukum Ekonomi Syariah Indonesia (PODESHI). (05/09/2023)

 Seminar  dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa: “Bicara mengenai industri 5.0 pertama, Kecerdasan buatan (AI) kedua, perubahan platform bisnis baru.”

“Mohon disimak penjelasan dari narasumber karena materi kali ini mengenai perjanjian bisnis syariah di era 5.0 sangat penting untuk lulusan program studi HES” tambah Wadek I.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah menyampaikan bahwa: “Kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa HES. Mahasiswa perlu memahami hal tersebut, karena mahasiswa HES identik dengan kontrak drafting, karena kebanyakan lulusan HES  menjadi legal dafter. Harapannya kegiatan ini berlanjut dan diterapkan oleh mahasiswa.“

 

Dalam pemaparan materi Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag., CM menyampaikan bahwa:  “Penting bagi calon sarjana hukum untuk bersiap menghadapi masa disrupsi dengan belajar terus-menerus, beradaptasi dengan perubahan, dan mengembangkan keterampilan baru yang relevan. Selain itu, peran pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi sosial juga penting dalam membantu para calon sarjana mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang datang bersama disrupsi.”

“Visi calon sarjana harus jelas, mengembangkan diri dan skill yang segera dan senantiasa diperbaharuai menyesuaikan dengan perkembangan dan arah perubahan sosial. Perubahan besar-besaran pada budaya akademik, dan berusaha untuk menemunakan hal baru yang menjadi kekuatan serta daya jual calon sarjana. Perlu penguatan kompetensi dan soft skill dengan memperbanyak magang dan mengikuti pelatihan dalam oragnisasi amaupun luar oergansasi.” Ucap Dr. H. Abdul Mujib.

Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag., CM juga berpesan “Penting untuk mengembangkan Jaringan dan Pertemanan serta membuka diri untuk Kerjasama kolaborasi yang seluas-luasnya, manfaatkan asosiasi yang dimiliki.” Tambahnya.

Last modified on Wednesday, 06 September 2023 10:46