Wednesday, 15 March 2023 14:20

Sambangi 31 SMA/MA/SMK di Jawa Tengah, Fakultas Syariah Street Law Suarakan Anti Kekerasan di Lingkungan Pendidikan

Written by

Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan program penyuluhan hukum di sekolah dan komunitas marginal: Street Law in School and Marginal Community (Upaya Mewujudkan Masyarakat Sadar Hukum). Kegiatan ini merupakan program yang didesain untuk membangun kesadaran hukum masyarakat melalui penyuluhan hukum yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bidang pengabdian masyarakat.

Mengawali kegiatan ini, Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan  telah mengadakan kerja sama dengan beberapa sekolah tingkat atas (SMA/SMK dan MA) yang ada di Pekalongan dan di eks Karesidenan Pekalongan untuk mengadakan sosialisasi hukum di 31 Sekolah. Road show Street Law dimulai sejak Januari dan ditutup pada akhir Februari 2023. Tim yang diketuai Dr. Trianah Sofiani, MH., telah melaksanakan sosialisasi hukum di tiga puluh satu sekolah, di antaranya MA Salafiyah Kalibanger, MA Tholabudin Warungasem, MAN 1 Brebes, MAN 1 Pemalang, MAN 1 Tegal Lebaksiu, MAN 2 Brebes Bumiayu, MAN Purbalingga, PP Al Fusha, PP Darul Amanah Sukorejo, PP Darul Arqom, PP Hasyim Asyari Tarub Tegal, SMA Hasyim Asyari Pekalongan, SMA Hasyim Asyari Pemalang, SMA N 1 Bandar, SMA N 1 Bawang, SMA N 1 Bobotsari, SMA N 1 Comal, SMA N 1 Karangreja, SMA N 1 Petungkriyono, SMA N 1 Talun, SMA N 1 Wiradesa, SMA N 1 Bobotsari, SMK Diponegoro Karanganyar, SMK Muhammadiyah Larangan Brebes, SMK Muhammadiyah Tegal, SMK N 1 Slawi, SMK N 1 Tegal, SMK N 1 Warungasem, SMK NU Slawi, SMK NU Kajen.


Dosen dan mahasiswa khususnya dari Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan terlibat aktif dalam kegiatan ini. Dengan melibatkan dosen-dosen muda yang berkolaborasi dengan pengurus LBH dan mahasiswa yang telah diseleksi, secara aktif memberikan materi dan berintertaksi langsung dengan peserta dari berbagai sekolah.

Kegiatan Street Law tidak hanya sebatas penyampaian materi penyuluhan hukum saja dari Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan , akan tetapi dilakukan dengan dialog dan tanya jawab antara pemateri dengan peserta yang mayoritas adalah pelajar. Kegiatan ini juga merupakan ajang memperkenalkan Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan kepada masyarakat yang ada di Pekalongan maupun luar Pekalongan melalui sekolah-sekolah negeri maupun swasta.

Last modified on Wednesday, 15 March 2023 14:35