Wednesday, 16 August 2023 17:17

Sosialisasi Pembelajaran Mahasiswa Baru Fakultas Syariah Tahun Akademik 2023/2024

Written by

Pekalongan (16/08) – Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Sosialisasi Pembelajaran Mahasiswa Baru Fakultas Syariah Tahun Akademik 2023/2024 dilaksanakan selama 2 hari, Senin dan Rabu 14 dan 16 Agustus 2023 bertempat di Lapangan Badminton dan Hall Fakultas Syariah.

Diikuti 434 mahasiswa baru, dengan rincian Program Studi Hukum Keluarga Islam berjumlah 150 mahasiswa, Hukum Ekonomi Syariah berjumlah 137 mahasiswa, dan Hukum Tatanegara berjumlah 147 mahasiswa.

Di hari pertama Sosialisasi Pembelajaran Mahasiswa Baru Fakultas Syariah, Senin, 14 Agustus 2023 dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan,  Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A.

Dalam sambutannya Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A., selaku Dekan Fakultas Syariah menuturkan bahwa mahasiswa Fakultas Syariah harus menguasai ilmu syariah dan ilmu hukum umum. “Mahasiswa Fakultas Syariah harus berpikir kritis dan memiliki semangat belajar karena lulusan Fakultas Syariah akan memperoleh gelar S.H.” ucap Dekan Fasya.

Dilanjutkan dengan sesi I yaitu penyampaian materi.

Materi I mengenai Sistem Akademik Fakultas Syariah dan Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Trianah Sofiani, S.H., M.H.

“Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi itu masa studi normalnya 8 semester jika lebih dari itu atau sampai 14 semester dapat dikatakan mahasiswa abadi.” Tutur Wakil Dekan I. “Maka budayakan malu, malu lulus tidak tepat waktu.” ujar Wakil Dekan I. “Harapannya mahasiswa Fakultas Syariah harus rajin, rajin mengikuti perkuliahan, rajin belajar, dan berprestasi, dan juga lulus tepat waktu.” Tambahnya.

Materi II mengenai Organisasi Kefakultasan: Struktur Organisasi Tugas dan kewenangan (Kebijakan bidang keuangan dan Sarana Prasarana) yang disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. H. Mohammad Hasan Bisyri, M. Ag.

Materi III disampaikan oleh Wakil Dekan III, Dr. H. Mohammad Fateh, M. Ag. dalam pemaparannya menyampaikan mengenai Kode Etik Mahasiswa. “Kewajiban mahasiswa untuk institusi yaitu untuk menumbuh kembangkan budaya akademik yang sehat di lingkungan kampus dan memelihara sarana dan prasarana serta menjujung tinggi nama baik Fakultas Syariah dan UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan”, ujar Wakil Dekan III

Kemudian dilanjutkan Sesi II mengenai Sosialisasi Pembelajaran , Pengenalan, dan Keprodian yang disampaikan oleh Ketua dan Sekretaris Peogram Studi Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tatanegara.

 

Di hari kedua Sosialisasi Pembelajaran Mahasiswa Baru Fakultas Syariah, Rabu, 16 Agustus 2023 berlangsung Parade Organisasi Mahasiswa Fakultas Syariah, kemudian dilanjutkan acara Seminar Literasi Digital Perguruan Tinggi dengan tema “ Literasi Digital untuk Pengembangan Soft Skill dalam Menghadapi Era 5.0” yang di moderator oleh Herning Hambarrukmi, M.H.

Pemaparan Materi I disampaikan oleh Noorma Fitriana M. Zain selaku Dosen UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang menjelaskan mengenai Etika Digital. “Dalam menggunakan sosial media kita harus menerapkan etika digital atau digital ethics yang merupakan kemampuan menyadari, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital (netiquette). Etika digital harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” tutur Noorma Fitriana.

Mater II disampaikan oleh Nia Nurdiansyah yang merupakan Blogger dan Relawan TIK memaparkan mengenai Keamanan Digital. “Mengenal digital Safety dengan mengenali, menerapkan, meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital” ujar Nia Nurdiansyah.

Materi III disampaikan oleh Afif Mas’udi Ihwan yang merupakan Tim Pandu Digital Purwa memaparkan mengenai Kecakapan dan Budaya Digital. “Literasi Digital atau melek teknologi menjadi penting dalam menghadapi era 5.0. Namun dalam menggunakan teknologi harus memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari” ucap Afif Mas’udi Ihwan “kemudian di dalam literasi digital ditopang dengan 4 pilar literasi yaitu digital skill, digital culture, digital ethics, dan  digital safety. Dari 4 pilar tersebut tertuang dalam Roadmap Literasi Digital 2021-2024 yang sedang disusun oleh Kementrian Kominfo” Tambahnya.

Acara selanjutnya dilanjutkan Sosialisasi Organisasi Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Syariah yang disampaikan oleh pengurus Ormawa dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Syariah.

 

 

 

 

Last modified on Wednesday, 16 August 2023 17:48