Thursday, 08 September 2022 10:47

Workshop Bimbingan Karir bagi Mahasiswa Fasya 2022

Written by

Workshop Bimbingan Karir bagi Mahasiswa Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan diadakan dengan tema “Peluang Lulusan Fakultas Syariah untuk Berkarir di Peradilan” yang dilaksanakan di Aula lantai 4 Fakultas Syariah UIN Gusdur, pada Rabu, 7 Agustus 2022 pukul 08.30 WIB.

Turut hadir dalam acara, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. H. Moh. Fateh, M.Ag, menyampaikan “Peluang Mahasiswa Fakultas Syariah dalam Bidang Peradilan sangatlah luas, namun mahasiswa perlu mempersiapkan dengan baik sejak dini.” Adapun kegiatan ini juga dihadiri langsung oleg Direktur Career Development Center (CDC) UIN Gusdur, S.Psi, M.A. yang memberikan apresiasi penuh kepada kegiatan yang dilaksanakan, “Salah satu alumni Fasya saat ini sudah ada yang menduduki jabatan penting, sebagai HR di salah satu perusahaan internasional, inilah yang harus menjadi motivasi bagi adik-adik mahasiswa, bahwa lulusan fakultas syariah dapat berkiprah banyak di masyarakat, hingga skala internasional”.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A., “Sudah ada beberapa alumni yang berkarir di bidang peradilan, seperti hakim, panitera, advokat, hingga pada bagian administrasi, kedepan peluang kebutuhan bidang peradilan semakin tinggi untuk melayani masyarakat, yang salah satunya profil lulusan yang dibutuhkan berasal dari Fakultas Syariah”, ujar Dekan dalam sambutannya sebelum membuka acara.

Workshop bimbingan karir bagi mahasiswa ini mendatangkan narasumber, H.M. Kusen Raharjo, M.H. yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas IB Batang. Materi disampaikan penuh antusias, mengenai motivasi berkarir di bidang Peradilan, “Meskipun kebijakan bisa jadi akan berubah, namun kebutuhan badan peradilan terhadap lulusan fakultas Syariah sebenarnya masih sangat tinggi, di PA Batang saja saat ini hanya ada 3 hakim, itu menunjukkan peluang yang terbuka masih sangat lebar, maka asahlah kemampuan soft skill terutama dari penguasaan Bahasa Asing, maupun hardskill,” ujar Hakim Muda yang juga merupakan alumni Sarjana Hukum Islam.

Dengan diadakannya acara workshop bimbingan karir bagi mahasiswa fasya ini, diharapkan dapat menumbuhkembangkan kualitas profil lulusan fasya dan motivasinya dalam meniti karir terutama di bidang peradilan.

Last modified on Sunday, 18 September 2022 10:52