Monday, 21 November 2022 08:33

Workshop Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah Internasional 2022

Written by


Publikasi artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk dari tridarma perguruan tinggi bagi dosen, maupun kolaborasinya dengan mahasiswa. Seorang dosen diwajibkan untuk meneliti dan melakukan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan jumlah publikasi ilmiah sebagai syarat untuk naik pangkat. Publikasi ilmiah tentunya sangat bermanfaat bagi jabatan fungsional dosen yang nantinya akan menentukan tingkat akreditasi prodi dan universitas. Mengingat betapa pentingnya publikasi ilmiah bagi para akademisi dan mahasiswa, Fakultas Syariah menyelenggarakan acara bertajuk "Workshop Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah Internasional", di Ruang Rapat Fakultas Syariah Lantai 2 pada Rabu dan Kamis, 16 s.d. 17 November 2022. Hadir untuk mendampingi proses penulisan dan memberikan edukasi terkait dunia kepenulisan di bidang publikasi ilmiah profesional, peneliti yang sudah berhasil menorehkan beberapa karya Internasional sekaligus mengelola Jurnal Internasional, Dr. Abdul Kadir Jaelani, S.H., M.H.. 

Hari pertama, Dr. Abdul Kadir menyampaikan materi dengan tema "Teknik Penulisan Artikel Bereputasi", dalam materinya, Dr. Abdul Kadir menyampaikan beberapa strategi menembus jurnal internasional bagi dosen Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Strateginya antara lain: motivasi yang kuat; ketepatan cakupan dan data (original artikel, review artikel), ketepatan pemilihan jenis artikel, penyiapan artikel semaksimal mungkin, ketepatan pemilihan jurnal. 


Pada pelatihan hari kedua, Narasumber dari Universitas Arilangga, Bayu Arie Fianto, S.E., M.B.A., P.hD menyampaikan materi bertemakan "Research and Academic Writing". Bayu Arie Fianto, P.hD menyampaikan pentingnya dosen melakukan penulisan artikel ilmiah tingkat internasional. Narasumber juga memberikan kiat-kiat menembus jurnal internasional Scopus. Beberapa bagian yang sangat penting dalam isi paper adalah referensi, pendahuluan, teori yang digunakan, pembahasan dan hasil, kesimpulan, abstrak, judul. Dari kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan motivasi dan luaran dosen dalam penelitian di tingkat internasional.